Yelna's Hope

This website is a valuable resource that presents a wealth of professional experience and the unique point of view of Yelna Yuristiary. Yelna generously shares her insights, knowledge, and expertise, with the hope that readers can use the information to enhance their own understanding, make informed decisions, and achieve their goals.

Monday, May 06, 2013

Abstrak INTEGRASI SISTEM PLUMBING DENGAN KONSEP RAINWATER HARVESTING DAN OPTIMALISASI LIMBAH CAIR PADA BANGUNAN TINGGI SEBAGAI REVOLUSI PENGELOLAAN SIKLUS AIR PERMUKAAN DI AREA PADAT PENDUDUK



Kebutuhan suplai air di kawasan perkotaan yang semakin hari semakin meningkat merupakan masalah yang timbul pada kota berkembang saat ini. Padatnya kawasan yang tertutupi oleh perkerasan menimbulkan tingginya volume limpasan hujan sehingga hal ini memperbesar potensi banjir suatu kawasan. Penggunaan air di bangunan tinggi perkantoran juga terbilang cukup besar. Kebutuhan cuci, tanaman dan kebutuhan air domestik menjadikan suplai air di bangunan tinggi perkantoran perlu diperhatikan. Kombinasi antara konsep rainwater harvesting dan pengolahan air limbah bekas cuci merupakan terobosan unik yang dapat diterapkan pada bangunan perkantoran padat penduduk. Kebutuhan cuci, pengairan taman dan flushing di sebuah kantor dapat diminimalisir dengan pemanfaatan sistem RW3 (Rainwater Harvesting and Water Waste) ini. Pemanfaatan air hujan dengan metode filtrasi sederhana dan netralisasi air limbah bekas cuci dengan metode karbon aktif mampu mereduksi jumlah penggunaan air tanah dan air PAM. Dalam penelitian ini diketahui bahwa pemanfaatan air hujan dialokasikan untuk kebutuhan cuci dan safety fire pada bangunan. Sedangkan air hasil netralisasi air limbah bekas cuci dapat dimanfaatkan untuk flushing dan menyiram tanaman atau pengairan taman sebuah gedung.


Kata kunci : Rainwater harvesting, Air limbah bekas cuci, Filtrasi, Reduksi Limpasan
 

No comments:

Post a Comment

Entri Populer