Yelna's Hope

This website is a valuable resource that presents a wealth of professional experience and the unique point of view of Yelna Yuristiary. Yelna generously shares her insights, knowledge, and expertise, with the hope that readers can use the information to enhance their own understanding, make informed decisions, and achieve their goals.

Wednesday, November 13, 2013

SOCIOPRENEUR, We call it 'PUNGKI' for a moment

Hari kemarin baru saja saya kumpul tim untuk membicarakan sebuah masa depan yang besar untuk lingkungan dan masyarakat sekitar. Saya dkk. berencana ingin mengembangkan sektor Sociopreneur di bidang industri bijih plastik sembari meningkatkan kualitas hidup sebagian besar masyarakat ibukota yang menghidupi dirinya dengan pemanfaatan kembali limbah plastik. Tidak sulit dan tiada pula mudah dalam memulai. Begitu juga kami. Kelak, kegiatan sociopreneur yang kami bangun berbasis kepada pemberdayaan masyarakat sembari peningkatan kualitas hidup mereka dengan program pengelolaan limbah padat yang terintegrasi dan manajemen sistem yang baik agar bisnis ini dapat menghasilkan produk yang berkualitas dan bersaing di mata dunia.

Kami berpikir, sekarang-lah saatnya untuk berubah dan terlihat lebih elegan dengan sampah yang telah kita hasilkan. Jangan lagi menjadi sampah masyarakat dengan menghasilkan limbah yang tidak terkelola dengan baik. Keinginan kami tidak banyak dan tiada pula muluk-muluk untuk lingkungan ini. Hanya ingin sekedar menjadikan profesi pemulung terlihat lebih berjasa di masyarakat, tiada lagi terhina dan terkungkung oleh masalah perekonomian yang semakin membelit. Berikut beberapa program kerja yang telah kami susun dalam mimpi kami untuk Sociopreneur ini :

1. Mengelola limbah plastik dengan memberdayakan masyarakat.
2. Menjadikan negara kita bukan lagi sebagai negara penerima limbah luar negeri, namun sebagai pengekspor limbah.
3. Membangun kesejahteraan di kalangan masyarakat ekonomi menengah ke bawah sembari meningkatkan kualitas lingkungan.
4. Mengembangkan keterampilan masyarakat ekonomi menengah ke bawah untuk mengembangkan sebuah bisnis limbah yang cerdas.
5. Menggantikan profesi pemulung di DKI Jakarta menjadi seorang Pebisnis Limbah.
6. Mengubah paradigma masyarakat terkait sampah. Tiada lagi semboyan 'sampah', yang ada hanya 'limbah'.
 dan masih banyak lagi...

Meskipun kita memiliki mimpi-mimpi tersebut,  namun kehidupan tidak semulus kain setrikaan boy... Kita perlu berjuang dan berusaha untuk menjalankan mimpi-mimpi ini. Tiada besar dan tiada pula kecil. Untuk sekarang, yang kita butuhkan adalah dana investasi awal untuk membeli alat pencacah plastik, membangun konstruksi unit pengolahan dan pengumpul lengkap dengan tower air-nya dan komitmen dari setiap tim untuk terus maju dan berkembang. Semoga dalam waktu dekat kita dapat langsung bangun dan tidak lagi bermimpi. Terima kasih untuk Titis, Ung, Lady, Ratu, Meu dan Ayu yang senantiasa bersama. Mari kita wujudkan mimpi-mimpi ini bersama. Insyaallah di 2014 kita sudah progress 80%. ^_^

No comments:

Post a Comment

Entri Populer