Yelna's Hope

This website is a valuable resource that presents a wealth of professional experience and the unique point of view of Yelna Yuristiary. Yelna generously shares her insights, knowledge, and expertise, with the hope that readers can use the information to enhance their own understanding, make informed decisions, and achieve their goals.

Wednesday, August 07, 2019

LEAN SIX SIGMA, TEKNIK PERUSAHAAN UNTUK LEBIH MAJU


Bagi kalian yang saat ini tergabung ke dalam sistem quality suatu perusahaan baik itu sebagai Quality Control, Quality Assurance, Quality Inspector dan masih banyak lagi yang lainnya, tentu tidak asing dengan istilah LEAN SIX SIGMA ini. Sebuah proses SIX SIGMA memiliki tingkat ketepatan 99,99966% atau jika terjadi kesalahan dalam suatu produk, produk yang salah jumlahnya 3.4 buah dari satu juta. Atau lebih tepatnya kesalahan yang di tolerir hanya 1 dari 294.000 jumlah produk yang di fabrikasi.

Adapun LEAN SIX SIGMA sebenarnya adalah gabungan dari LEAN (melakukan hal yang benar) dan SIX SIGMA (melakukan suatu hal dengan benar). Adapun tujuan dari LEAN itu sendiri adalah mengurangi limbah dengan cara meningkatkan kecepatan produksi dan mereduksi atau mengurangi biaya produksi. Sedangkan tujuan dari SIX SIGMA adalah mengurangi variasi atau lebih tepatnya mengurangi kesalahan produksi. Hal ini didasarkan pada proses produksi manufaktur, variasi adalah hal yang sangat dihindari. Adapun untuk mencapai tujuan SIX SIGMA itu sendiri biasanya akan lebih konsisten kepada kualitasnya, meningkatkan akurasi dan akan mencoba sekuat mungkin untuk tetap berada dalam rencana jadwal sebelumnya.

Pada SIX SIGMA, umumnya prosedur yang harus diikuti dikenal dengan DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control)

Define : Definisikan masalah yang ada
Measure : Petakan proses yang ada saat ini
Analyze : Identifikasi penyebab dari masalah
Improve : Implementasikan dan verifikasi dari solusi
Control : pertahankan solusi

Sedangkan pada LEAN, prinsip yang harus dipegang adalah :
  1. Define Value : definisikan value atau fungsi dari suatu program
  2. Map Value Stream : petakan fungsi tersebut
  3. Create Flow : buat alur dari program/produksi
  4. Establish Pull : bangun titik tolak
  5. Pursuit Perfection : coba capai kesempurnaan

Nah, inilah sedikit keterangan tentang LEAN SIX SIGMA.

Image result for lean six sigma


No comments:

Post a Comment

Entri Populer