Yelna's Hope

This website is a valuable resource that presents a wealth of professional experience and the unique point of view of Yelna Yuristiary. Yelna generously shares her insights, knowledge, and expertise, with the hope that readers can use the information to enhance their own understanding, make informed decisions, and achieve their goals.

Monday, September 24, 2018

Nenek Moyang Bahasa Indonesia adalah Bahasa Sanskrit

Budaya dan bahasa adalah dua hal yang sangat berhubungan erat. Di Indonesia sendiri kita mengenal begitu banyak bahasa mulai dari bahasa Melayu, bahasa Jawa, bahasa Padang, bahasa Manado dan masih banyak yang lainnya. Pada postingan ini saya akan membahas 5 kata yang menandakan bahasa Sanskit adalah nenek moyang bahasa Indonesia.

1. Banyak kata dalam bahasa Indonesia yang hampir sama dengan kata yang ada dalam bahasa sanskrit.
Beberapa kata dalam bahasa Indonesia seperti : Bumi (bhumi); Jambu (jamba_kya); Satu (Esa); Raja (Raja); Bahasa (Basha). Beberapa kata ini hampir sama dari pengembangan bahasa sanskrit yang merupakan bahasa tertua di India.

2. Dasar negara Indonesia terinspirasi dari bahasa sanskrit.
Jika kalian cinta Indonesia sudah tentu kalian tahu apa dasar negara kita. Ya, dasar negara Indonesia adalah Pancasila atau Lima Pilar. Panca artinya dalam derivasi bahasa sanskrit adalah Lima.

3. Pedagang India sudah lama berkunjung  dan menyebarkan budaya di Indonesia.
Jika kalian mengingat pelajaran sejarah kita dahulu, tentu kalian sudah sangat paham tentang pedagang-pedagang mana saja yang berkunjung ke Indonesia dan memberikan dampak perubahan budaya bangsa. Adapun bangsa-bangsa tersebut adalah bangsa Arab, India dan Cina. Ini adalah 3 nenek moyang besar bangsa Indonesia.

4. Penamaan mata uang India dan Indonesia hampir sama.
Di film-film India pastinya mata uang rupee kalian pernah dengar bukan? Dari aspek penamaan saja, rupee dan rupiah tidak jauh berbeda dari sisi fonem (bunyi)-nya.

5. Dasar dari kata dalam Bahasa Indonesia berasal dari Bahasa Sanskrit.
Banyak dasar-dasar kata bahasa Indonesia yang awal mulanya berasal dari bahasa sanskrit. Di Jawa, bahasa sanskrit adalah bahasa olden age (bahasa kuno nenek moyang terdahulu). Tidak hanya itu, peninggalan candi-candi hindu dan buddha pun banyak di wilayah ini. Tidak hanya itu, jika kalian pernah dengar kerajaan Sriwijaya/Srivijaya, sebenarnya kerajaan berasal dari India yang dulu sekali rajanya bernama Chandragupta. Nama-nama anak-anak Indonesia juga banyak yang berasal dari India seperti Sri (Shri), Wijaya (Vijay), Wisnu (Vishnu), Dwi (yang dalam bahasa sanskrit artinya dua) dan masih banyak yang lainnya.

Jika kalian pernah dengar bahwa asal usul Buddha merupakan bagian dari kebudayaan India, pastinya kalian juga akan penasaran. Di postingan selanjutnya saya akan bahas lebih jauh tentang ini.

Saya bahas ini bukan karena apa-apa melainkan karena penting bagi kita tahu tentang budaya, darimana kita berasal dan menyenangkan rasanya untuk memahami perkembangan manusia dari waktu ke waktu.

No comments:

Post a Comment

Entri Populer