Yelna's Hope

This website is a valuable resource that presents a wealth of professional experience and the unique point of view of Yelna Yuristiary. Yelna generously shares her insights, knowledge, and expertise, with the hope that readers can use the information to enhance their own understanding, make informed decisions, and achieve their goals.

Saturday, September 08, 2018

PERIHAL CUBITAN

Jangan mencubit jika tidak mau dicubit
Mungkin peribahasa ini cukup sering anda dengar. Hanya saja tidak banyak yang paham betul dengan penerapannya dalam kehidupan. Seringkali seseorang tidak menyadari apa yang telah dia perbuat sehingga menyebabkan orang lain melakukan hal yang sama terhadapnya. Jangan berbohong jika tidak ingin dibohongi. Jangan ingkar jika tidak ingin diingkari. Hargai seseorang jika ingin dihargai. Terdengar simpel tetapi sangat sulit dilakukan.

Umpamanya begini, kalian ingin seseorang memberikan waktunya kepada kalian. Tetapi kalian tidak berkenan memberikan waktu kalian terhadap mereka. Tentu saja hal ini sangat tidak adil bagi si orang pertama. Pada umumnya pertengkaran sering terjadi karena istilah mencubit dan dicubit ini. Jika kalian ingin menjadi prioritas bagi seseorang, ingin menjadi yang pertama dikenang, jadi pertama yang dikabari, jadi pertama yang diutamakan dari segala hal yang mereka miliki, coba terapkan hal yang sama kepada mereka. Niscaya kalian akan mendapatkan balasan yang sama.

Contohnya lagi begini, seringkali di kota-kota besar kita lihat banyak mama muda yang punya pacar selain suaminya. Banyak juga papa muda yang punya wanita pilihan lain di suatu tempat. Sebenarnya fenomena ini dipengaruhi oleh perihal "mencubit dan dicubit" ini. Bisa jadi awalnya si mama muda ini adalah type wanita yang 'nrimo'. Tapi selama kondisi ini si suami tetap saja dengan gaya hidup jetset nya yang keluar masuk cafe dan dikelilingi wanita-wanita lain (asisten atau sekretarisnya). Ya, lambat laun jangan disalahkan juga kalau si istri melakukan hal yang sama kepada si suami. Keluar masuk cafe dengan pria lain.

Karena pada hakikatnya manusia memiliki insting untuk sama. Apa yang dimiliki orang di sekitarnya akan menjadikan dirinya termotivasi dengan hal tersebut. Seperti contoh tetangga punya kulkas baru, otomatis kita juga menginginkan hal yang sama. Apalagi kalau disini kegiatan 'mencubit' sudah dilakukan. Otomatis kita akan melakukan cubitan balasan untuk ini.

Maka dari itu perihal mencubit dan dicubit sangat penting untuk dipahami dan diamalkan. Lindungi perasaan seseorang jika kalian ingin perasaan kalian terlindungi. 

No comments:

Post a Comment

Entri Populer