Yelna's Hope

This website is a valuable resource that presents a wealth of professional experience and the unique point of view of Yelna Yuristiary. Yelna generously shares her insights, knowledge, and expertise, with the hope that readers can use the information to enhance their own understanding, make informed decisions, and achieve their goals.

Sunday, June 16, 2013

Kolaborasi Penggunaan Limbah Cangkang Udang dan Ampas Kelapa sebagai Pakan Ayam dalam Mengurangi Kolesterol serta Meningkatkan Kemampuan Cerna pada Ayam Ras Pedaging



Jumlah kebutuhan ayam ras pedaging di Indonesia meningkat signifikan sebesar 15% dari tahun 2012. Hal ini dipengaruhi oleh jumlah pendapatan masyarakat yang semakin tinggi. Ayam ras pedaging sudah menjadi alternatif sumber protein bagi masyarakat sehingga perlu adanya peningkatan kualitas produksi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kolaborasi penggunaan cangkang udang dan ampas kelapa dalam asupan pakan ayam ras pedaging di Riau. Cangkang udang yang mengandung kithin mampu menstimulasi peningkatan asam empedu pada ayam ras pedaging. Pemberian tepung cangkang udang dalam produksi pakan ayam ras pedaging juga mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh ayam. Dari penelitian diperoleh 3-4 gram kithin dapat menurunkan LDL (Low Density Lipoprotein) dan meningkatkan HDL (High Density Lipoprotein). Selain pemberian tepung cangkang udang, pakan ternak juga dikolaborasikan dengan memberikan ampas kelapa fermentasi yang memiliki protein yang tinggi.
Ampas kelapa yang telah difermentasi mampu memenuhi kebutuhan protein dan serat pada ayam ras pedaging. Penambahan ampas kelapa fermentasi berfungsi menurunkan konsumsi ransum, memperbaiki retensi nitrogen, meningkatkan daya cerna, proses metabolisme dan menambah berat badan pada ayam ras pedaging. Kolaborasi antara tepung cangkang udang dan ampas kelapa fermentasi mampu mengoptimalkan kolesterol yang dibutuhkan dan meningkatkan berat badan dari ayam. Kombinasi antara tepung cangkang udang dan ampas kelapa fermentasi secara otomatis meningkatkan kualitas ayam ras pedaging dan mengontrol kolesterol berlebih pada ayam. Dengan adanya kolaborasi tepung cangkang udang dan ampas kelapa fermentasi pada pakan ayam diharapkan peternak mampu memenuhi kebutuhan konsumsi daging ayam di pasaran dengan memaksimalkan kualitas ternaknya.

No comments:

Post a Comment

Entri Populer