Yelna's Hope

This website is a valuable resource that presents a wealth of professional experience and the unique point of view of Yelna Yuristiary. Yelna generously shares her insights, knowledge, and expertise, with the hope that readers can use the information to enhance their own understanding, make informed decisions, and achieve their goals.

Sunday, June 09, 2013

SEKILAS TENTANG IWI (Indonesia Water Institute)



Indonesia Water Institute (IWI) merupakan suatu badan konsultan terkait manajemen air dan sumber daya air di Indonesia. IWI yang dipimpin oleh Ir. Firdaus Ali, MSc. PhD. berdiri sejak April 2007 lalu. Munculnya IWI dilatarbelakangi oleh kondisi masalah air dan sumber daya air (SDA) yang dihadapi Indonesia, khususnya daerah Ibukota Jakarta. Banjir yang terjadi pada Februari 2007 menyebabkan kerugian 8,8 trilyun dan memakan 53 korban jiwa menggerakkan hati kalangan akademisi dan praktisi untuk membentuk lembaga ini. Krisis air baku yang dihadapi Jakarta sejak 1994 juga menjadi faktor utama pentingnya dibentuk suatu lembaga konsultasi terkait air dan sumber daya air yang akan menghimbau seluruh kalangan untuk lebih peka terhadap masalah ini.
IWI bergerak dan melangkah dengan cepat menembus seluruh kalangan, mulai dari akademisi, praktisi, pemerintah, masyarakat dan swasta. Sejumlah kajian yang sistematis terkait kebijakan pengelolaan SDA dan pengendalian daya rusak air senantiasa dilakukan IWI demi Indonesia yang lebih baik dan sejahtera. IWI percaya melalui perencanaan yang berkelanjutan dan membangun jembatan komunikasi dengan para pemangku kepentingan, pengembangan kapasitas keilmuan dan profesionalisme, masalah terkait SDA dapat tertangani dengan optimal. Kegiatan IWI dimulai dengan pengkajian, formulasi kebijakan, perumusan rekomendasi dan alternatif penanganan masalah serta pengembangan inovasi menjadikan IWI mampu membantu menangani sejumlah masalah terkait sumber daya air di Indonesia.
Kerjasama internasional mulai dilakoni IWI sejak 9 November 2009 dengan negara Belanda terkait pengelolaan sumber daya air di Jakarta. 23 Februari 2012 IWI secara resmi menjadi badan hukum yang fokus pada pengkajian, inovasi, kebijakan, perencanaan dan pengembangan air, sumber daya air serta lingkungan. Saat ini IWI telah berkecimpung di banyak proyek dan menjadi konsultan berbagai perusahaan dan lembaga pemerintah baik di Indonesia maupun dunia seperti HUBER (Germany), UNESCAP (Thailand), CityNET (Yokohama, Japan), Tokyo Metropolitan Goverment, Mitsui Consultants Co. Ltd, Deltares (Netherland), Syabas Puncak Niaga Berhad (Kuala Lumpur), DHI+Environment(s) Pte. Ltd (Singapore), Novatara Pte. Ltd (Brunei Darussalam), PT Unilever Indonesia, PT ASTRA, Agung Podomoro Land, PT Jaya Ancol, Geothe Institute Jakarta, Bappeda DKI Jakarta, Suku Dinas PU Jakarta Pusat, dll.
Adapun jenis pelayanan dan kerjasama yang ditawarkan IWI seperti Water Balance Analysis & Water Security Planning, Water System Efficiency, Wastewater Management, Reclaim, & Reuse, Water Supply Planning & Management, Rainwater Harvesting Concept, Groundwater Management & Conservation, Water Pricing, Tariff, Finance, and Investment, Integrated Urban Water Resources Management (IUWRM), Integrated Water Resources Management, Technology, and Infrastructure
(IWRMTI), Advance Technology for IWRM dan Membrane & Nanotechnology for Water Treatment System.
Besar harapan IWI mewujudkan Indonesia yang lebih baik dengan tatanan konsep pengelolaan sumber daya air dan kualitas lingkungan yang optimal demi terciptanya pembangunan berkelanjutan. IWI bergerak bersama setiap lapisan untuk memberikan dan mendengarkan setiap kebutuhan dari berbagai pihak dan mencari alternatif yang paling efektif dan efisien untuk diaplikasikan dalam kehidupan. Bersama IWI, pengelolaan air dan sumber daya air akan menjadi lebih terarah.

No comments:

Post a Comment

Entri Populer